EVALUASI NILAI MARK UP DENGAN MODEL FRIEDMAN DALAM PELELANGAN PROYEK RUMAH SAKIT DI INDONESIA
Daftar Isi:
- The moderate problem faced by the implementing contractor in submitting the project offer value is the risk of errors in the preparation of the budget and the inefficient estimation method and the determination of the markup value that affects the probability of winning ratio and company profit. The bidding price cannot be raised too high in the hope of getting a large profit and cannot submit a price too low in the hope that the chances of getting a project are increasing. Estimates of the markup value used in construction projects, especially hospitals, are too high. Therefore the tender strategy of each contractor is different from each other. The goal is to win the tender and get a new project. Friedman's model can determine the markup value that produces the maximum expected profit for the company, this is evidenced by the winning company by analysis using a single normal distribution where the results show that the optimum mark up value is 7,92% to get the expected profit optimum of Rp. 6.225.638.317, while the bid price is Rp. 84.795.638.317 not significant difference with the original offer value of Rp. 84.850.000.000. This proves that the Friedman model can be applied in the hospital project tender process. Keywords: Hospital, Bidding Strategy, Friedman's Model, markup, expected profit Permasalahan moderat yang dihadapi oleh kontraktor pelaksana dalam mengajukan nilai penawaran proyek adalah resiko kekeliruan dalam penyusunan anggaran biaya dan metode estimasi yang tidak efisien serta penentuan nilai markup yang berpengaruh pada probabilitas winning ratio dan profit perusahaan. Harga penawaran tidak dapat diajukan terlalu tinggi dengan harapan untuk mendapatkan profit yang besar dan tidak dapat mengajukan harga terlalu rendah dengan harapan peluang mendapatkan proyek semakin banyak. Perkiraan nilai markup yang digunakan dalam proyek-proyek konstruksi khususnya rumah sakit terlalu tinggi. Maka dari itu strategi tender dari masing-masing kontraktor berbeda satu sama lain. Tujuannya untuk memenangkan tender dan mendapatkan proyek baru. Model Friedman dapat menentukan nilai markup yang menghasilkan expected profit maksimum bagi perusahaan, hal ini dibuktikan oleh perusahaan pemenang dengan analisis menggunakan single distribusi normal dimana diperoleh hasil bahwa nilai markup optimum sebesar 7,92% untuk mendapatkan expected profit optimum sebesar Rp. 6.225.638.317, sedangkan harga penawaran sebesar Rp. 84.795.638.317 tidak terlalu signifikan perbedaannya dengan nilai penawaran asli sebesar Rp. 84.850.000.000. Ini membuktikan model friedman dapat di aplikasikan dalam proses tender proyek rumah sakit. Kata Kunci : Rumah Sakit, Strategi penawaran, Model Friedman, markup, expected profit.