PENERAPAN MODEL BRONIS (BROKEN TRIANGLE-SCRAMBLE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS IV SDN JERENENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: HARIATI, SERI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8083/1/BAB%20I.doc
http://eprints.unram.ac.id/8083/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi karena kinerja pembelajaran yang dilakukan dan aktivitas siswa khususnya pada mata pelajaran PKn tidak optimal yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Bronis (Broken Triangle-Scramble). Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV dengan menerapkan model Bronis (Broken Triangle-Scramble) di SDN Jereneng tahun pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jereneng tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 23 orang Data hasil belajar siswa di kumpulkan melalui tes pilihan ganda tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil siklus I dan siklus II diperoleh jumlah skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 12 dan 14 yang memiliki kategori cukup aktif dan aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa pada siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 64,78 dan 72,60 serta presentase ketuntasan klasikal pada siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 65,21% < 80% dan 82,60% > 80%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Bronis (Broken Triangle-Scramble) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) siswa kelas IV SDN Jereneng Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Model Bronis (Broken Triangle-Scramble), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar PKn.