PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SDN 35 AMPENAN KELURAHAN TANJUNG KARANG KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: Nurul Hikmah, Nurul Hikmah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7417/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/7417/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis karangan siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas V SDN 35 Ampenan tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 22 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil post-tes diperoleh bahwa rata-rata keterampilan menulis karangan dengan menggunakan media gambar berseri kelas eksperimen lebih tinggi dibandingan dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media gambar berseri. Rata- rata nilai pos-tes yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 78,95, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 72,95. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dua pihak dengan menggunakan rumus t-polled varians. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung ttabel, yaitu 2,2 2,0273 pada taraf signifikan 5 % dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 20 + 19 – 2 =37. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yaitu thitung ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaru yang signifikan dari media gambar berseri terhadap kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN 35 Ampenan Kelurahan Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: