IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-E MTs. NEGERI MODEL KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: MASTUTI, BAIQ SRI YULIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5532/1/jurnal%20baik%20sri.pdf
http://eprints.unram.ac.id/5532/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E MTs. N Model Kuripan melalui impelementasi model problem based learning pada materi lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 70 dan persentase ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa tiap siklusnya. Rata-rata hasil evaluasi belajar siswa siklus 1, 2 berturut-turut(76,35) dan (77,91). Sedangkan persentasi ketuntasan klasikal siswa siklus 1, dan 2 berturut-turut (75,86%), dan (89,66%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model problem based learning pada materi lingkaran secara optimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa VIII-E MTs. N Model kuripan tahun pelajaran 2015/2016