STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: ANBIYA, FRISKA RINJANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5327/1/REVISI%201%20BAB%20II%20SKRIPSI.rtf
http://eprints.unram.ac.id/5327/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia pada materi pokok Reaksi Redoks menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan Snowball Throwing pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari yang tersebar dalam 9 kelas dengan sampel sebanyak dua kelas yang diperoleh melalui teknik Sampling Purposive, yakni kelas X.8 sebagai kelas penerapan pembelajaran tipe Talking Stick dan kelas X.9 sebagai kelas penerapan pembelajaran tipe Snowball Throwing. Post test yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa berupa tes pilihan ganda. Uji hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan analisis data hasil post test diperoleh nilai rata-rata dan ketuntasan belajar kelas X.8 (Talking Stick), yaitu 73,85 dan 70,58% lebih tinggi daripada nilai rata-rata dan ketuntasan belajar kelas X.9 (Snowball Throwing), yaitu 70,21 dan 65,70%. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung (0,907) ≤ ttabel (1,997) pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) dalam penelitian ini diterima, yaitu tidak terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar kimia pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan Snowball Throwing pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun pelajaran 2010/2011.