PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA MAN 2 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Arianti, Baiq Ida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/5215/1/JURNAL%20%28PENGARUH%20MODEL%20DIRECT%20INSTRUCTION%20BERBANTUAN%20SIMULASI%20VIRTUAL%20TERHADAP%20PENGUASAANKONSEP%20%20.doc http://eprints.unram.ac.id/5215/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Praya. Siswa kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda dan tes pemecahan masalah berbentuk uraian. Hipotesis penelitian diuji dengan Uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%, dan diperoleh hasil thitung =2,54 untuk penguasaan konsep dan thitung =4,01 untuk pemecahan masalah, sedangkan ttabel = 2,02. Oleh karena thitung lebih besar dari pada ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa model direct instruction berbantuan simulasi virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika siswa MAN 2 Praya tahun pelajaran 2015/2016.