PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VII SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: NURSURYANI, NURSURYANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5059/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/5059/2/BAB%20II.docx
http://eprints.unram.ac.id/5059/3/BAB%20III.docx
http://eprints.unram.ac.id/5059/4/BAB%20IV.docx
http://eprints.unram.ac.id/5059/5/BAB%20V.docx
http://eprints.unram.ac.id/5059/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif pada pokok bahasan pengukuran. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 7 Mataram yang berjumlah 38 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 1,76 dengan kategori sangat kurang aktif dan siklus II sebesar 2,43 dengan kategori cukup aktif, sedangkan siklus III sebesar 3,38 yang masuk dalam kategori siswa sangat aktif. Data ketuntasan klasikal siklus I, II, dan III di peroleh sebesar 21,05 %, 62,16%, dan 94,6% dan data rata-rata prestasi belajar siswa siklus I, II, dan III sebesar 52,5, 60,8, dan 80,00. Jadi berdasarkan hasil data keseluruhan baik data aktivitas maupun data prestasi belajar siswa dapat disimpulkan bahwa penelitian tentang penerapan model pembelajaran generatif pada pokok bahasan pengukuran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika kelas VII.4 SMP Negeri 7 Mataram tahun pelajaran 2010/2011.