PENERAPAN METODE MINDSCAPING BERBASIS PAKEM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 MATARAM

Main Author: ERDAWATY, SRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/5042/1/BAB%20I%2CII%2CIII%2CIV%2CV.doc
http://eprints.unram.ac.id/5042/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram pada pokok bahasan gaya dan percepatannya dengan penerapan metode mindscaping berbasis PAKEM. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dengan cara observasi sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dengan pemberian tes obyektif pada akhir tiap siklus. Penerapan metode mindscaping berbasis PAKEM pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila 85% siswa mencapai prestasi belajar  65, sedangkan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa tiap siklusnya, yakni pada siklus I berkategori cukup aktif menjadi sangat aktif pada siklus II dan pada siklus III. Prestasi belajar siswa terlihat dari nilai ketuntasan klasikal yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, masing-masing mempunyai nilai sebesar 76% pada siklus I, 80% pada siklus II, dan 92% pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mindscaping berbasis PAKEM telah berhasil terlaksana dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar fisika siswa pada pokok bahasan gaya dan percepatannya.