PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS X KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | ANI, RAHAYU YURNI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14268/1/SKRIPSI_RAHAYU%20YURNI%20ANI_E1E214084.pdf http://eprints.unram.ac.id/14268/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru kelas V SDN Gugus X Kecamatan Narmada dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru sebagai pemberi informasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model siklus belajar 5E terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN Gugus X Kecamatan Narmada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus X Kecamatan Narmada yang berjumlah 137 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 48 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan uji t-test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil thitung 3,596 > 2,020 ttabel pada taraf signifikansi 5%, yang berarti ada pengaruh model siklus belajar 5E terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN Gugus X Kecamatan Narmada Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan t polled varians (thitung) diperoleh besaran pengaruh (effect size) model siklus belajar 5E terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN Gugus X Kecamatan Narmada tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 21,9%.