Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI Program IPS 1 SMAN 7 Kediri / Elisa Vibriana Sari

Main Author: Sari, Elisa Vibriana
Other Authors: 1. Mashuri ; 2. Slamet Sujud Purnawan Jati
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Sejarah , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=72717
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSari, Elisa Vibriana. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Matapelajaran Sejarah Kelas XI Program IPS 1 SMAN 7 Kediri. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mashuri, M. Hum. (II) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, TGT, sejarah, motivasi.SMAN 7 Kediri merupakan salah satu sekolah favorit di Kota Kediri, namun dalam kegiatan pembelajarannya lebih banyak menggunakan metode klasik yaitu ceramah khususnya pada matapelajaran sejarah. Guru cenderung menjadi pusat pembelajaran, sedangkan siswa duduk diam mendengarkan materi yang disampaikan guru. Siswa menjadi tidak aktif dalam belajar dan kesulitan menjawab pertanyaan yang diberikan guru karena selama kegiatan belajar tidak mengikuti dengan baik. Hal ini menjadikan siswa merasa jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar pada matapelajaran sejarah, sehingga siswa memilih untuk tidur atau melakukan kegiatan sendiri di kelas. Oleh karena itu perlu adanya alternatif model pembelajaran yang diterapkan di kelas. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi siswa pada matapelajaran sejarah.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model TGT dan untuk mengetahui motivasi siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model TGT pada matapelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 7 Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan, wawancara, dan angket. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMAN 7 Kediri dengan jumlah 38 siswa pada materi Revolusi Perancis, Amerika, dan Rusia. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan pembelajaran kooperatif model TGT pada penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus 1 pembelajaran di kelas dapat dikatakan lancar meskipun ada kendala seperti siswa gaduh dan kurang tertib. Pada siklus 2 kondisi kelas sudah tertib dan lancar tanpa ada kendala. Kedua, penerapan pembelajaran kooperatif model TGT terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 7 Kediri. Sebelum adanya tindakan TGT rata-rata skor motivasi belajar siswa sebesar 73,5 dengan kategori kurang. Kemudian setelah pelaksanaan siklus 1 menunjukkan rata-rata skor motivasi siswa sebesar 118,8 dengan kategori baik. Setelah pelaksanaan siklus 2 menunjukkan rata-rata skor motivasi siswa 124,8 dengan kategori baik. Peningkatan rata-rata skor motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan TGT ke siklus 1 sebesar 45,3 atau 61,63% sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6 atau 5,05%.