Studi pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di TK Negeri Pembina I Malang / Renita Suryantika

Main Author: Suryantika, Renita
Other Authors: 1. Abdul Huda ; 2. Musa Sukardi
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi PAUD , 2013
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=59948
Daftar Isi:
  • Suryantika, Renita. 2013. Studi Pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di TK Negeri Pembina I Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Abdul Huda, M.Pd, (II) Dr. Musa Sukardi, M.PdKata Kunci: Manajemen Sekolah, Taman Kanak-kanakUntuk mencapai tujuan pendidikan taman kanak-kanak yaitu memiliki output peserta didik yang berpotensi, diperlukan pengelolaan manajemen di taman kanak-kanak yang sebaik mungkin. Hal tersebut dapat dicapai dengan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan MPMBS.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitiannya adalah kepala TK, guru dan staf yang secara langsung terlibat dalam MPMBS di TK Negeri Pembina I Malang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, diperoleh temuan bahwa pelaksanaan MPMBS: (1) di bidang manajemen program pembelajaran dengan kegiatan wisata belajar keluar sebagai puncak sebuah tema pembelajaran. Selain itu dilakukan koordinasi antara kepala TK, guru dan wali murid dalam pembuatan program pembelajaran; (2) di bidang peserta didik yaitu dengan program layanan kesehatan rutin dengan mendatangkan tim kesehatan dari Puskesmas atau RSU. Layanan gizi dengan kegiatan makan bersama satu minggu sekali; (3) di bidang keuangan yaitu adanya pengawasan keuangan dari kepala TK, ketua komite dan Diknas; (4) di bidang hubungan TK dengan masyarakat yaitu dengan koordinasi secara luas, seperti dengan pimpinan kantor pemadam kebakaran, pimpinan Lanud Abd Salah, pimpinan Lamtama Surabaya, pimpinan Museum Brawijaya, pimpinan Perpustakaan Umum Malang, dan tim kesehatan Puskesmas. Selain itu juga melibatan komite, wali murid, warga sekitar (RT, RW atau tokoh masyarakat lainnya) dalam kegiatan di TK.Kesimpulannya pelaksanaan MPMBS bidang program pembelajaran, peserta didik, keuangan dan sarana prasarana sesuai dengan inti MPMBS yaitu adanya perpaduan otonomi sekolah, fleksibilitas dan pertisipasi warga sekolah. Namun ada kegiatan manajemen yang belum dilaksanakan, yaitu sensus TK terhadap anak usia prasekolah di lingkungan sekitar yang berpotensi mendaftar dan pengecekan terhadap TK yang akan dimasuki peserta didik yang pindah. Untuk itu disarankan selain melaksanakan kedua kegiatan tersebut, juga mempertahankan kegiatan MPMBS lain yang telah dijalankan agar TK Negeri Pembina I Malang memiliki mutu pendidikan.