Pengembangan lembar kegiatan siswa (lks) dengan pendekatan saintifik materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Elina Hikmah Zakkiyah

Main Author: Zakkiyah, Elina Hikmah
Other Authors: 1. Eddy Budiono
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika , 2021
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=107932
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar Lembar Kegiatan Siswa dengan pendekatan saintifik materi bangun ruang kubus dan balok pada kelas VIII SMPN 8 Malang yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan penelitian ini mengacu pada model Plomp yaitu terdiri dari 3 fase yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menghasilkan produk yang valid, praktis, dan efektif. (1) Uji kevalidan LKS memperoleh skor 3,70 yang memenuhi kriteria valid, (2) uji kepraktisan lembar angket respon siswa memperoleh skor 3,37 dan angket respon guru memperoleh skor 3,29 dengan kriteria valid, uji kepraktisan lembar observasi aktivitas guru dan siswa memperoleh skor 3,82 dan 3,30 dengan kriteria praktis, (3) uji keefektifan LKS berdasarkan hasil tes akhir siswa yang menunjukkan bahwa terdapat 82,14% siswa mendapat nilai diatas atau sama dengan 75 (KKM).