HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI BALI MANDARA

Main Authors: Pramana, A.A. Gede Krisna, Wilani, Ni Made Ari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/39289
https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/39289/23777
Daftar Isi:
  • SMA Negeri Bali Mandara merupakan sekolah dengan sistem asrama yang dirancang untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi bagi generasi muda. Sekolah berasrama merupakan model sekolah yang memiliki tuntutan yang lebih tinggi jika dibanding sekolah reguler karena memiliki standar yang ketat dalam hal pendidikan dan disiplin. Motivasi belajar sangat diperlukan untuk dapat mendasari dan mengarahkan aktivitas belajar agar tercapai prestasi yang baik di sekolah berasrama. Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Dukungan sosial sangat diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan semangat atau motivasi belajar agar dapat sukses di sekolah berasrama. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar. Subjek pada penelitian ini berjumlah 262 siswa SMA Negeri Bali Mandara. Alat ukur penelitian yang digunakan adalah skala dukungan sosial dan skala motivasi belajar. Hasil uji korelasi Product Moment  menunjukan nilai 0,719 (p<0,05) dan R^2=0,517, sehingga dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial memiliki hubungan dengan motivasi belajar dan 51,7% variasi dalam motivasi belajar ditentukan oleh variabel dukungan sosial. Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar juga positif dan searah, artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi juga motivasi belajar.   Kata Kunci : dukungan sosial, motivasi belajar, siswa SMA Negeri Bali Mandara
  • Bali Mandara high school is a school with a dormitory system designed to provide high-quality education for the younger generation. Boarding school is one model of school which had higher demand compare to regular school, it’s because boarding school has better standard in terms of education and discipline. Learning motivation required to underlie and lead learning behavior in order to get high achievement in their boarding school. Learning motivation is an internal and external drive in students when studying to change a behavior, generally with several supporting indicators and factors. Social support is very important to maintain and increase student’s eagerness to learn so student can be successful in their boarding school. This research is aimed to find the relationship between social support and learning motivation. The subject of this research are 262 high school students in Bali Mandara boarding school. Measuring instruments in this research are social support scale and learning motivation scale. Result of Correlation Product Moments shows the value of 0.719(p<0.05), so it can concluded that social support have correlation with learning motivation and 51,7% variations in learning motivation is determined by social support variables. The relationship between social support and learning motivation also positive and linear, which means the higher social support, the higher learning motivation.   Keywords: social support, learning motivation, Bali Mandara high school student