Pelajaran Terpetik (Lesson Learned) dalam Pengkajian dan Penciptaan Seni Pertunjukan
Main Author: | I Gede Made , Indra Sadguna |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Image |
Terbitan: |
ISI Denpasar
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.isi-dps.ac.id/2324/1/Cover.png http://download.isi-dps.ac.id/index.php/category/13-artikel?download=2086:pelajaran-terpetik-lesson-learned-dalam-pengkajian-dan-penciptaan-seni-pertunjukan http://repo.isi-dps.ac.id/2324/ |
Daftar Isi:
- Melalui paper ini, saya ingin berbagi (sharing) tentang pengalaman hidup saya dalam bidang seni, yaitu: (1) melalui pendidikan seni dalam keluarga (informal); (2) pendidikan seni dalam masyarakat (non-formal); dan (3) pendidikan seni pada perguruan tinggi seni (formal). Pertama, pada ranah pendidikan seni secara informal menceritrakan sentuhan seni yang ditanamkan orang tua saya sejak saya masih dalam kandungan. Kedua (non-formal), adalah pengalaman berkesenian dalam masyarakat Bali melalui banjar, sanggar, sekaa, atau yang lainnya. Sedangkan yang ketiga (pendidikan formal) saya dapatkan melalui studi di perguruan tinggi seni, yaitu di ISI Denpasar dan ISI Surakarta. Pada jenjang pendidikan tinggi seni inilah saya mendapat pengalaman dalam hal pengkajian dan penciptaan seni. Pengalaman dalam pengkajian telah menghasilkan tulisan ilmiah berupa paper, skripsi, dan tesis. Sedangkan dalam bidang penciptaan telah menghasilkan karya seni baik yang digarap sendiri maupun lewat kolaborasi. Saya berharap bahwa melalui penuturan tentang kehidupan saya dalam bidang seni akan dapat digunakan sebagai pelajaran terpetik (lesson learned) demi semakin semaraknya pengkajian dan penciptaan seni. Kata kunci: pelajaran terpetik, pengkajian, penciptaan