Implementasi integrasi-interkoneksi ilmu pengetahuan dalam pengembangan keilmuan di Universitas Islam Negeri (Uin) Mataram: studi kasus Di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FTK UIN Mataram
Main Authors: | Wahyudin, Dedy, Effendi, Lalu Muchsin |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/111/1/110%20Artikel%20Penelitian.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/111/2/110%20Laporan%20Penelitian.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/111/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA: Gagasan integrasi-interkoneksi ilmu pengetahuan telah menjadi wacana pemikiran mainstream di Indonesia sejak lebih dari satu dekade. Kalangan perguruan tinggi Islam tidak sekedar menjadikan gagasan ini sebagai diskursus keilmuan semata tetapi melampauinya untuk menjadi spirit tranformasi di banyak Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana implementasi ide integrasi- interkoneksi ilmu pengetahuan di Universitas Islam Negeri Mataram dengan studi kasus di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Rumusan integrasi-interkoneksi termanifestasi pada rencana strategis dan kurikulum. Kedua, Implementasi integrasi-interkoneksi ilmu pengetahuan dalam pengembangan keilmuan di Jurusan PBA FTK UIN Mataram diwujudkan dalam bentuk program-program kerja dan RPS yang menjadi turunan wajib dari kurikulum KKNI. Implementasi di RPS dilakukan dalam tiga model yaitu model RPS mata kuliah yang by design dimaksudkan sebagai bentuk integrasi-interkoneksi keilmuan; model modifikasi bahan kajian di RPS mata kuliah-mata kuliah keterampilan berbahasa Arab; dan model penggunaan metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan integratif-interkonektif.