PENGENALAN BENTUK GEOMETRI MELALUI PENERAPAN MEDIA PASIR KINETIK UNTUK ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PPT MAWAR 01 AR-RACHMAN SURABAYA

Main Author: Ilya Hidayati, 05115007
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.narotama.ac.id/743/1/Fulltext%20Watermark.pdf
http://repository.narotama.ac.id/743/
Daftar Isi:
  • Salah satu permasalahan yang ditemui peneliti di PPT Mawar 01 adalah kurangnya pemahaman kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti berusaha memberikan pembelajaran melalui media pasir kinetik yang dapat menjadi salah satu alternatif menarik untuk media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan mengenal bentuk geometri dengan bermain pasir kinetik. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri terlihat dari indikator kemampuan mengetahui, memahami, dan menerapkan bentuk geometri dalam bermain. Kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri melalui bermain pasir kinetik meningkat dari 27,7% (tahap pra tindakan) menjadi sebesar 56% (pada siklus I) dan meningkat menjadi 85% (pada siklus II). Langkah-langkah yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media bermain pasir kinetik adalah melalui pengenalan bentuk lingkaran, segitiga, segiempat, persegi panjang, pengelompokan besar dan kecil, pengelompokan benda sesuai bentuknya, dan pengetahuan mengenai proses (sebab-akibat), serta antusias anak dalam melakukan kegiatan dari awal sampai akhir. Kata Kunci: pasir kinetik, media pembelajaran, perkembangan kognitif