Efektivitas Metode Penemuan Terbimbing Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Secara Kreatif Siswa (Studi Terhadap Siswa SMA Negeri 2 Pringsewu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014)
Main Author: | Rhina, Putriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/7199/1/42773.pdf http://repository.ut.ac.id/7199/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini rnerupakan penelitian eksperirnen semu yang bertujuan untuk rnengetahui penerapan rnetode penemuan terbirnbing efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matermatika dan kreativitas matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pringsewu tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 4 yang diambil dengan teknik purposive random sampling dan desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh rnelalui tes kernarnpuan pemaharnan konsep dan tes kreativitas matematika. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebihefektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas matematika siswa SMA dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.