Pengembangan Pendekatan Proyek Berbantuan Gadget Dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak
Main Author: | Amini, Mukti |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ut.ac.id/6507/1/TING2016ST4-02.pdf http://repository.ut.ac.id/6507/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan gadget saat ini sudah sangat meluas hingga pada anak usia dini. Hal ini tidak mungkin dihindari, tapi perlu ada upaya untuk meminimalisir dampak negatif dari pengggunaan gadget. Pendekatan proyek sebagai pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak di Taman Kanak-kanak (TK) diharapkan dapat menjadi sarana untuk upaya tersebut. Pendekatan proyek terdiri dari 5 langkah yaitu: penentuan topik, eksplorasi, pengorganisasian, pengamatan dan pameran. Setiap tahap pendekatan proyek tersebut dapat dipadukan dengan pemanfaatan gadget secara bijak dalam pembelajaran. Jadi pada pendekatan proyek yang selama ini sudah dikenal di TK dapat dilakukan inovasi dengan memanfaatkan bantuan gadget. Diharapkan dengan pemanfatan gadget secara bijak pada pembelajaran pendekatan proyek di TK, anak akan mendapatkan contoh yang baik tentang cara menggunakan gadget secara aman.