Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa Kelas VIII MTsN 2 Palangka Raya Pada pokok bahasan bunyi

Main Author: Ardiansyah, Ardiansyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/736/1/Abstrak%20AR.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/736/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/736/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/736/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/736/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/736/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/736/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan bunyi. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran setelah menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan bunyi. (3) Untuk mengetahui keterampilan bertanya siswa yang diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan bunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan dengan bentuk eksperimen semu. Populasi penelitian adalah semua kelas VIII MTsN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah kelas VIII-C dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dan keterampilan bertanya siswa, serta tes hasil belajar siswa sebanyak 30 soal. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengelolaan pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan CTL pada materi bunyi di kelas VIII-C MTs Negeri 2 Palangka Raya dalam 3 pertemuan adalah 84% yang berdasarkan skala penilaian termasuk dalam kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika pokok bahasan bunyi didapatkan kategori sedang 0,44. Keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran fisika pada materi bunyi kelas VIII-C MTs Negeri 2 Palangka Raya mengalami peningkatan dengan kategori sedang sebesar 0,53. ABSTRACT This study supposed to determine: (1) To determine the learning management approach Contextual Teaching and Learning (CTL) on the subject of sound. (2) To determine student learning outcomes in learning after using the approach Contextual Teaching and Learning (CTL) on the subject of sound. (3) To determine the skills of asking students who are tought to approach Contextual Teaching and Learning (CTL) on the subject of sound. This study used quantitative approach and executed with a quantitative experimental forms. The study population was all siswa kelas VIII Palangkaraya MTsN-2 Academic Year 2015/2016 and the sample kelas VIII-C by the number of students 30 people. Instruments used in the study is the observation sheet management of learning and questioning skills of students, and students' achievement test of 30 questions. The result showed that the management of learning physics using CTL approach on sound material kelas VIII-C MTsN 2 Palangka Raya in three meetings was 84%, which is based on a scale of assessment included in either category. Improved student learning outcomes in learning physics subject category medium 0,44. Questioning skills of students in learning physics on sound material kelas VIII-C MTsN 2 Palangka Raya increased with the medium category 0,53.