Penanaman nilai agama dan moral melalui doa dan shalat dengan metode demonstrasi di RA Darussa’adah Palangka Raya

Main Author: Mulyani, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/567/1/Abstrak%20Sri%20M.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/567/2/BAB%20I-V.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/567/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/567/
Daftar Isi:
  • Penanaman nilai agama dan moral melalui doa dan shalat seorang guru perlu memilih metode yang tepat dalam penanaman nilai agama dan moral anak pada usia 4-5 tahun sesuai dengan kompetensi inti mengenai kegiatan beribadah sehari-hari, serta kompetensi dasar mengucapkan doa-doa pendek dan melakukan ibadah secara bersama-sama maupun individu dengan menggunakan metode demonstrasi apa yang tidak bisa di jelaskan dengan kata-kata dapat dipecahkan. Guru dapat memfungsikan seluruh indera anak, karena proses belajar mengajar yang efektif adalah apabila guru mampu memfungsikan seluruh panca indera anak, karena anak dapat lebih fokus, terarah dan pengalaman atau kesan dari pembelajaran lebih melekat dalam diri anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana penanaman nilai agama dan moral melalui pengucapan doa dengan metode demonstrasi di RA Darussa’adah Palangka Raya. 2). Bagaimana penanaman nilai agama dan moral melalui kegiatan shalat dengan metode demonstrasi di RA Darussa’adah Palangka Raya. 3). Apakah efektif di gunakan dalam mengucapkan doa dan kegiatan shalat dengan metode demonstrasi di RA Darussa’adah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 (dua) orang guru yang mengajar dan 18 (delapan belas) anak kelas A-1 RA Darussa’adah Palangka Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian data dianalisis yakni melalui langkah-langkah pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1). Berdasarkan wawancara dengan observasi penulis dalam setiap minggu telah mengalami perubahan yang pesat, anak berdoa bersama-sama dan dibimbing oleh guru, anak dapat duduk dengan rapi dan tertib dalam belajar mengajar pengucapan doa. Dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah dan rasa syukur atas kaurnia yang Allah berikan, dimana dalam penanaman moral ketika kegiatan doa peserta didik dapat mendengarkan, mengucapkan doa dengan baik, serta tidak asik bermain-main dan menggangu teman yang lain dan mengangkat kedua tangannya. 2). Karena kegiatan shalat dengan metode demonstrasi di RA Darussa’adah Palangka Raya, meningkatkan konsentrasi anak-anak terhadap suatu objek yang sedang diperhatikannya dan dapat memperagakan kegiatan shalat. Penanaman nilai agama dan moral melalui kegiatan shalat dengan metode demonstrasi ini anak dapat meningkatkan ketakwaannya kepada Allah dan menjauhi yang dilarang oleh Allah, serta anak dapat terampil dan cakap dalam melaksanakan kegiatan shalat. 3). Sudah terlihat efektif, penanaman nilai agama dan moral melalui doa dan shalat dengan metode demonstrasi karena dengan metode demonstarsi anak langsung terlibat dalam belajar mengajar, serta langsung memperagakan doa dan shalat secara perlahan-lahan. Kata Kunci : Nilai Agama, Moral dan Metode Demonstrasi