Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Video pada Materi Redoks terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 3 Aceh Besar
Main Author: | Susanti, 140208107 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5286/1/Susanti.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5286/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5286/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dialami siswa pada materi Redoks adalah pembelajaran lebih mengutamakan kepada penjelasan guru, sehingga siswa menjadi pasif tidak aktif, walaupun menggunakan model hanya diskusi biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Video Pada Materi Redoks kelas X dengan menggunakan desain Quasi Eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Aceh Besar berjumlah 96 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XMIA2 dan XMIA3 MAN 3 Acah Besar sejumlah 45 orang. Data yang dikumpulkan melalui soal tes, yaitu pretest dan postest yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian data dianalisis melalui Uji homogenitas varians, Uji normalitas data, Uji kesamaan rata-rata (t-test). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar. Perbedaan tersebut didapatkan dari jumlah masing-masing nilai pretest dan posttest siswa pada kelas eksperimen = 38,75 dan = 72,20, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest dan posttest siswa adalah = 34,74 dan = 45,46. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaraan Two Stay Two Stray berbantu media video pada materi Redoks efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 3 Aceh Besar.