Daftar Isi:
  • Siti Hardita, 2017. Penggunaan Media Audio (Lagu Anak-Anak) pada Pembelajaran Bahasa Inggris kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Banjarmasin, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Syarifah Salmah, M.Pd.I dan Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd. Kata kunci: Penggunan Media Audio (Lagu Anak-Anak), Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media audio (lagu anak-anak) pada pembelajaran bahasa Inggris kelas IV di MI Khadijah Banjarmasin. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media audio (lagu anak-anak) pada pembelajaran bahasa Inggris dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media audio (lagu anak-anak) pada pembelajaran bahasa Inggris kelas IV di MI Khadijah Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah guru dan siswa dan objeknya adalah penggunaan media audio (lagu anak-anak) pada pembelajaran bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, maka dilakukan pengolahan data dengan menggunakan teknik koleksi data, editing, dan klasifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio (lagu anak-anak) dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah terbagi dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan RPP yang dibuat sesuai dengan pelaksanaan di lapangan. Pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, yakni materi relevan dengan media audio (lagu anak-anak). Sedangkan evaluasi guru memilih instrumen yang sesuai dengan taraf berpikir siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan media audio (lagu anak-anak) yaitu siswa sangat aktif dan senang terhadap media audio (lagu anak-anak). Pengalaman belajar guru yang cukup lama dan guru sudah terampil dalam penggunaan media. Fasilitas yang tersedia di madrasah cukup memadai meskipun dalam tahap minimal. Lingkungan sekolah yang tenang, latar belakang keluarga siswa yang sadar akan pendidikan dan lingkungan sekitar juga sangat mendukung proses pembelajaran menggunakan media audio (lagu anak-anak).