Upaya Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Sungai Punggu 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala

Main Author: Haitami, Ahmad
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/5455/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/5455/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/5455/
Daftar Isi:
  • Ahmad Haitami. 2010. Upaya Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Sungai Punggu 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing : (1) Drs. H.Ridhahani Fidzi, M.Pd, (2) Drs. Yahya Mof, M.Pd. Penelitian ini mengambil lokasi pada sekolah Dasar Negeri Sungai Punggu 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala, adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya siswa dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sungai Punggu 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi upaya siswa dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sungai Punggu 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya siswa dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sungai Punggu 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya siswa dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sungai Punggu 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada Sekolah Dasar Negeri Sungai Punggu 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 64 orang. Objek dalam penelitian adalah pengaturan waktu belajar, kegiatan mengikuti proses pembelajaran di kelas, kegiatan membaca buku di perpustakaan, kelompok belajar, keaktifan mengikuti pelajaran tambahan (les), guru Pendidikan Agama Islam, minat belajar, Kesehatan siswa, fasilitas belajar Pendidikan Agama Islam, dan lingkungan siswa Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumenter. Setelah data diperoleh lalu diadakan editing data dan klasifikasi data, kemudian ditabulasikan serta diberikan interpertasi terhadap data-data tersebut. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif dengan metode induktif dalam menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa upaya siswa dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sungai Punggu Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala, yang terdiri dari pengaturan waktu belajar, kegiatan mengikuti proses pembelajaran di kelas, kegiatan membaca buku, belajar bersama/kelompok, kegiatan mengikuti mengikuti pelajaran tambahan (les) adalah sangat baik dan termasuk kategori tinggi. Faktor yang mempengaruhi upaya siswa dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sungai Punggu 1 Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala adalah Guru Pendidikan Agama Islam yang profesional , minat belajar siswa yang kategorinya sangat tinggi, kesehatan siswa yang baik, fasilitas belajar pendidikan agama Islam yang mendukung dan lingkungan siswa yang juga mendukung.