Implementasi Bimbingan dan Konseling di MTsN Model Barabai
Main Author: | Jannah, Raudatul |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/3173/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3173/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3173/ |
Daftar Isi:
- Raudatul Jannah. 2013. Implementasi Bimbingan dan Konseling di MTsN Model Barabai. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Surawardi, M. Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi (pelaksanaan atau penerapan) bimbingan dan konseling di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Barabai yang meliputi program tahunan, program semester, program bulanan, program mingguan, satuan acara layanan, jenis-jenis layanan dan faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi bimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini adalah 3 (tiga) orang guru bimbingan dan konseling di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Barabai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi yang berhubungan dengan implementasi bimbingan dan konseling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan mendiskripsikan kejadian yang sesungguhnya kedalam bentuk uraian kalimat. Berdasarkan data penelitian menunjukkan bahwa implementasi bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling adalah program tahunan, program semester, program bulanan, program mingguan, satuan acara layanan dan jenis-jenis layanan yang diberikan. Jenis-jenis layanan yang diberikan adalah layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan penguasaan konten, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, layanan konsultasi dan layanan mediasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi bimbingan dan konseling di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Barabai adalah guru, siswa, kepala sekolah, orang tua, sarana prasarana dan alokasi waktu. Dengan demikian implementasi bimbingan dan konseling tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya.