Kemampuan Membaca SiswaDalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar

Main Author: Wagini, Wagini
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2601/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2601/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2601/
Daftar Isi:
  • Wagini. 2013.Kemampuan Membaca Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Skripsi,Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing (1) Hajiannor, M.Ag (2) Noor Alfulaila,S.Pd.I., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhi Kemampuan membaca siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Iyang berjumlah 31 orang siswa (19 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan) pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan klasifikasi data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas I mempunyai kemampuan yang sangat bagus pada mata pelajaran bahasa Indonesia semester I/ganjil, hal ini dapat dilihat dari hasil tes lisan membaca siswa pada tema alat transportasi mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada lima kali pertemuan rata-rata nilai membaca siswa semakin meningkat, pertemuan pertama nilai rata-rata adalah 73,22 dan pertemuan kedua nilai rata-rata adalah 76,64 termasuk rata-rata bagus dan pada pertemuan ketiga nilai rata-rata adalah 84,06; pada pertemuan keempat nilai rata-rata adalah 86,12; dan pada pertemuan kelima nilai rata-rata adalah 86,77 termasuk rata-rata sangat bagus. Jadi, kemampuan membaca siswa kelas I pada mata pelajaran bahasa Indonesia sudah sangat bagus.