Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Media Kartu Pada Siswa Kelas Iii Sdn Melayu 9 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin

Main Author: Normaidah, Normaidah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1943/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1943/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1943/
Daftar Isi:
  • Normaidah, 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Media Kartu Pada Siswa Kelas Iii Sdn Melayu 9 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. PTK, Jurusan Jurusan Pendidikan Agama Islam / S. 1, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. H. Syarifuddin Syukur, M.Ag, (II) Surawardi, S.Ag, M.Ag. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya suatu strategi/model pembelajaran agar siswa mampu meningkatkan baca tulis Al-Qur’an terutama pada siswa Kelas III SDN Melayu 9 Kecamatan Banjarmasin Tengah. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti perlu melakukan PTK, dalam hal ini penulis melakukan penelitian PTK. Agar tujuannya bisa tercapai disini pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Proses belajar membaca Al-Qur’an bagi pemula adalah dalam proses pengucapan huruf masih belum bisa membedakan antara pengucapan huruf satu dengan huruf yang lain dalam huruf hijaiyah dengan lafal yang hampir sama. Berdasaarkan permasalahan yang dihadapi siswa diatas, diharapkan melalui penelitian ini guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran. Peningkatan kreativitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu hasilnya dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa Kelas III SDN Melayu 9 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Hal ini dapat dilihat dari Aktivitas siswa, selama melaksanakan pembelajaran siswa rata-rata aktif dan bergairah pada saat PBM dengan persentasi rata-rata siklus I 65%, meningkat menjadi 75% pada siklus II, kemudian persentasi tersebut lebih meningkat pada siklus III menjadi 84%. Kegiatan Guru Mengajar, yaitu selama proses pembelajaran berlangsung dalam kegiatan belajar terhadap guru terjadi peningkatan dengan persentase rata-rata siklus I 56%, siklus II 71%, dan siklus III 89%. Hasil belajar belajar siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa siklus I rata-rata nilai 6,5, meningkat pada siklus II menjadi rata-rata nilai 7,1 peningkatan ini kemudian diiringi pada siklus III yaitu rata-rata nilai 8,3. Karena hasil belajar meningkat maka hal tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi menulis dan membaca Al-Qur’an. Nilai tersebut sesuai dengan yang dipersyaratkan tuntas belajar yang telah ditetapkan oleh Kurikulum PAI yaitu rata-rata 7,00.