Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Buzz Group terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MI Nahdlatul Ulama Tarbiyatul Islamiyah
Daftar Isi:
- Amanah, 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Buzz Group terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MI Nahdlatul Ulama Tarbiyatul Islamiyah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakutas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Bidang Konten dan Metodelogi Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd, Pembimbing Bahasa dan Teknik Penulisan Musyarrafah, S.Pd, M.Pd.I Kata Kunci: Pengaruh., Metode Diskusi Buzz Group., Hasil Belajar., IPS. Pembelajaran dengan menggunakan metode dikembangkan atas dasar memenuhi kebutuhan peserta didik, karena pada kenyataannya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan. Sehingga siswa tidak terlihat aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuK mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V MI Nahdlatul Ulama Tarbiyatul Islamiyah dan apakah terdapat pengaruh dalam penggunaan metode diskusi Buzz Group terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Nahdlatul Ulama Tarbiyatul Islamiyah tentang Peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode pra-eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut berdasarkan analisis data hasil belajar pada kelas eskperimen sebelum diberikan perlakuan yang memperoleh nilai rata-rata 34,62 dengan standar deviasi 15,607 yang berada pada klasifikasi hasil interpretasi belajar sangat kurang dan belajar setelah diberikan perlakuan memperoleh nilai rata-rata 90,00 dengan standar deviasi 10,000 yang berada pada klasifikssi hasil interpretasi belajar amat baik. Adapun dari hasil uji paired t test menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh.