Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Kepuasan Pengunjung Serta Dampaknya Pada Minat Kunjung Ulang (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang termasuk dalam Kategori Generasi Millennial)
Main Author: | Isnaini, Putri Rizkiah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/8993/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh antara: (1) Citra merek destinasi terhadap keputusan berkunjung generasi millennial; (2) Citra merek destinasi terhadap kepuasan pengunjung generasi millennial; (3) Keputusan berkunjung generasi millennial terhadap kepuasan pengunjung generasi millennial; (4) Citra merek destinasi terhadap minat kunjung ulang generasi millennial; (5) Keputusan berkunjung generasi millennial terhadap minat kunjung ulang generasi millennial; dan (6) Kepuasan pengunjung generasi millennial terhadap minat kunjung ulang generasi millennial. Penelitian ini akan menciptakan hasil analisa mengenai pengaruh dari citra merek destinasi terhadap minat berkunjung ulang pada generasi millennial dengan melibatkan keputusan berkunjung dan kepuasan pengunjung generasi millennial sebagai variabel antara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 120 pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang tergolong dalam kategori generasi millennial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel citra merek destinasi terhadap keputusan berkunjung generasi millennial, adanya pengaruh yang signifikan antara citra merek destinasi terhadap kepuasan pengunjung generasi millennial, adanya pengaruh yang signifikan antara keputusan berkunjung generasi millennial terhadap kepuasan yang mereka rasakan, adanya pengaruh yang signifikan antara citra merek destinasi terhadap minat kunjung ulang generasi millennial yang dimediasi oleh keputusan berkunjung generasi millennial dan adanya pengaruh yang signifikan antara citra merek destinasi terhadap minat kunjung ulang generasi millennial yang dimediasi oleh kepuasan pengunjung generasi millennial. Sehingga dalam usaha meningkatkan minat kunjung ulang sebaiknya pengelola Taman Rekreasi Selecta memelihara dan meningkatkan citra merek destinasi yang positif untuk meningkatkan keputusan berkunjung generasi millennial yang pada akhirnya dapat menciptakan kepuasan pengunjung generasi millennial dimana angka konstribusi variabel kepuasan pengunjung generasi millennial cukup besar dalam memediasi pengaruh antara citra merek destinasi terhadap minat kunjung ulang.