Perbedaan Skor Pengetahuan Tentang Penambahan Berat Badan Dan Panjang Badan Baduta Pada Ibu Yang Mendapatkan Media Edukasi Gizi Website Dan Booklet
Main Author: | Adelina, Muthia Khanza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/3872/ |
Daftar Isi:
- Pemantauan pertumbuhan dilakukan sebagai upaya pencegahan masalah gizi yang dapat ditemui. Peningkatan informasi dapat diperoleh melalui pendidikan gizi, termasuk penggunaan media. Seiring berkembangnya jaman, mulai dikenal media berbasis internet (website) dan berbasis cetak (booklet). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skor pengetahuan Ibu pada kelompok yang mendapatkan media website dan booklet. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan (n=25) pada kelompok website dan (n=23) pada kelombok booklet. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sesuai kriteria inklusi. Data skor pengetahuan didapatkan dari kuisoner pre test dan post test. Hasil data dianalisa menggunakan uji statistik, yaitu wilcoxon dan mann whitney. Pada penelitian ini, terdapat peningkatan skor pengetahuan responden tentang penambahan berat badan dan panjang badan baduta antara sebelum dan setelah diberikan media edukasi website ( pada pre test-post test 1 dari 71.43 ke 85.71, p value= 0.005; dan pada pre test-post test 2 dari 71.43 ke 85.71, p value<0.001) dan melalui media booklet (pada pre test-post test 1 dari 57.14 ke 71.43, p value<0.001; dan pada pre test-post test 2 dari 57.14 ke 85.71, p value<0.001), namun hasil analisis menunjukkan tidak ada perbedaan skor selisih pengetahuan pada kedua kelompok perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media website dapat meningkatkan pengetahuan responden sebagaimana media booklet. Oleh karena itu, kedua media edukasi ini dapat digunakan sesuai dengan karakteristik dan disesuaikan dengan sasaran masyarakatnya.