Pengaruh Corporaet Social Responbility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Tekstil dan Garmen di Indonesia yang Terdaftar di Bursa Efek Tahun 2015-2019)

Main Authors: Prastika, Audina Chika, Sri Sulasmiyati, S.Sos., MAP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194571/1/Audina%20Chika%20Prastika.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194571/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi mendorong perusahaan Indonesia untuk meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan. Corporate Social Responsibility adalah bentuk tanggung jawab perusahaan dalam aspek sosial, ekonomi, maupun lingkungan. Pengungkapan Corporate Social Responsibility akan berpengaruh terhadap kinerja keuangan, utamanya dilihat melalui peningkatan profitabilitas. Kinerja keuangan adalah hasil kegiatan operasi perusahaan pada suatu periode yang disajikan dalam bentuk angka-angka keuangan. utamanya dilihat melalui peningkatan profitabilitas. Sedangkan rasio profitabilitas adalah rasio yang menunjukan tingkat efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan dalam memperoleh laba. Pada penelitian ini rasio profitabilitas diproksikan melalui ROA (Return on Asset)), ROE (Retrun on Equity)), dan EPS (Earning per Share). Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap ROA (Return on Asset), ROE (Retrun on Equity)), dan EPS (Earning per Share) serta apakah Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh yang besar terhadap ROA (Return on Asset). Hasil penelitian menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap ROE (Return on Equity). Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA (Return on Asset) dan EPS (Earning per Share). Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh besar terhadap ROA (Return on Asset).