Pengaruh Self Congruity terhadap Brand Loyalty dengan Brand Satisfaction sebagai Mediasi (Studi Pengguna Iphone di Kota Malang)

Main Author: Majid, Nurkholish
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193682/1/Nurkholish%20Majid%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193682/
Daftar Isi:
  • Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut pelaku usaha menciptakan produk yang bersifat unggul. Karakteristik sebuah produk ditampilkan melalui sebuah merek. Persaingan produk dalam merek merambah dalam dunia smartphone dengan menekankan kepuasan dan loyalitas terhadap merek yakni Iphone. Iphone sebagai merek yang bersifat prestisius diharapkan memiliki keterkaitan yang kuat dengan diri konsumen yang dikenal dengan self-congruity lalu mampu menghasilkan kepuasan dan loyalitas terhadap merek. Tujuan penelitian adalah menguji dan menjelaskan secara empiris mengenai 1) pengaruh actual self-congruity terhadap brand satisfaction Iphone. 2) pengaruh ideal self-congruity ideal terhadap brand satisfaction Iphone. 3) pengaruh social self- congruity terhadap brand satisfaction Iphone. 4) pengaruh social ideal self-congruity ideal terhadap brand satisfaction Iphone. 5) pengaruh actual self-congruity terhadap brand loyalty Iphone. 6) pengaruh ideal self-congruity terhadap brand loyalty Iphone. 7) pengaruh social self-congruity terhadap brand loyalty Iphone. 8) pengaruh social ideal self-congruity terhadap brand loyalty Iphone. 9) pengaruh brand satisfaction terhadap brand loyalty Iphone. 10) peran mediasi brand satisfaction pada pengaruh actual self-congruity, ideal self-congruity, social self-congruity, social ideal self- congruity terhadap brand loyalty Iphone. Sampel diambil menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Responden yang dipilih adalah pengguna Iphone di Kota Malang yang melakukan keputusan pembelian secara pribadi dengan minimal penggunaan satu tahun. Sampel penelitian adalah 140. Hipotesis penelitian diuji menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa actual, ideal dan social ideal self-congruity memiliki pengaruh terhadap brand satisfaction serta ideal, social ideal self-congruity dan brand satisfaction memiliki pengaruh terhadap brand loyalty. Brand satisfaction menunjukkan peran mediasi dalam menjembatani pengaruh actual, ideal dan social ideal self congruity terhadap brand loyalty.