Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di Kedai Kopi Pisan Malang)
Main Authors: | Manullang, Falentina Frecillia, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP, Dhita Morita Ikasari, STP, MP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191697/1/0520100083%20-%20Falentina%20Frecillia%20Manullang.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191697/ |
Daftar Isi:
- Kota Malang merupakan salah satu kota terbesar di provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk setiap tahun mengalami pertambahan sebesar 0,31%. Peningkatan jumlah penduduk menjadi peluang bisnis yang menjanjikan terutama pada bisnis dibidang kuliner. Kedai Kopi Pisan merupakan salah satu kedai kopi yang berdiri di kota Malang. Kedai Kopi Pisan terletak di Jalan Brigdjen Slamet Riadi, Malang. Pada tahun 2018, Asosiasi Pengusaha Kedai Kopi dan Restaurant Indonesia (APKRINDO) Jawa Timur mencatat adanya pertumbuhan Kedai Kopi dan Restoran sebanyak 20%, meningkatnya jumlah kedai kopi di Kota Malang dapat menjadi salah satu ancaman bagi Kedai Kopi Pisan karena dapat meningkatkan intensitas persaingan antar pelaku usaha. Kedai Kopi Pisan perlu mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas produk dan layanan yang diminati sehingga dapat memahami keinginan konsumen dan menghasilkan produk dan layanan yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Pengisian kuesioner terhadap 134 responden yang pernah mengkonsumsi produk Kedai Kopi Pisan dan 1 orang responden ahli yang merupakan Pihak Kedai Kopi Pisan. Atribut yang digunakan sebanyak 22 atribut. Tujuan dari Penelitian ini adalah menganalisis atribut Kedai Kopi Pisan yang paling dipentingkan konsumen dan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode IPA serta menganalisis atribut Kedai Kopi Pisan yang perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan Kualitas produk dan layanan dengan menggunakan metode QFD.