Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2019)
Main Authors: | Miranda, Ari Agne Sandi, Sri Sulasmiyati, S.Sos.,MAP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189891/1/175030218113055%20-%20ARI%20AGNE%20SANDI%20MIRANDA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189891/ |
Daftar Isi:
- Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemiliki perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi dapat menunjukkan kemakmuran pemegang saham juga tinggi. Sehingga dengan tingginya nilai perusahaan dapat menarik investor dalam memberikan keputusan investasi terhadap perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan variabel PBV. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman periode tahun 2016-2019 yang terdaftar di BEI sebab perusahaan makanan dan minuman merupakan termasuk lima kontributor terbesar Industri Pengolahan terhadap Total PDB Nasional Tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penelitain eksplanatori yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan terdapat 14 sampel perusahaan. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel DER, Pertumbuhan Penjualan, dan SIZE secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap PBV. Secara parsial variabel pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap PBV, sedangkan DER dan SIZE tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap PBV. Perusahaan diharapkan memperhatikan leverage, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan sebab secara simultan ketiga konsep tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan khususnya lebih memperhatikan pertumbuhan penjualan perusahaan sebab hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Calon investor dapat memperhatikan variabel-variabel yang mempengaruhi nilai perusahaan dalam penelitian ini sehingga dapat memilih perusahaan dengan tepat dan meminimalisir kerugian dalam berinvestasi.