Evaluasi dan Perbaikan User Experience Website E-Learning SMK Negeri 2 Malang Menggunakan Teknik TUXEL 2.0 dan Pendekatan Humancentered Design (HCD)

Main Author: Bagaskara, Riyan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186232/1/-%20Riyan%20Bagaskara.pdf
http://repository.ub.ac.id/186232/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran daring yang diterapkan di Indonesia sejak adanya pandemi COVID-19 membuat sekolah perlu menyiapkan fasilitas untuk pembelajaran tersebut. SMK Negeri 2 Malang meggunakan E-Learning berbasis website dan aplikasi yang dikenal dengan istilah MClass. Namun, wawancara dengan beberapa siswa SMK Negeri 2 Malang menunjukkan bahwa terdapat kendala dalam penggunaan website MClass, seperti tampilan website yang rumit, tidak ada bantuan atau instruksi penggunaan website, dll. User experience merupakan salah satu aspek penting dalam penggunaan website dan aplikasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dan merancang desain solusi user experience website E-Learning SMK Negeri 2 Malang dengan menggunakan teknik TUXEL 2.0 dan pendekatan Human-centered Design. Tahapan Humancentered Design diawali dengan menganalisi konteks penggunaan, analisis kebutuhan penggguna, perancangan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Tahap analisis kebutuhan pengguna dan tahap evaluasi desain solusi menggunakan teknik TUXEL 2.0 yang terdiri dari inspeksi general usability, inspeksi pedagogical usability, dan evaluasi user experience. Berdasarkan evaluasi yang sudah dilakukan, diketahui bahwa pada evaluasi awal terdapat total lima puluh item permasalahan, sedangkan pada evaluasi desain solusi terdapat total tiga belas item permasalahan. Pada evaluasi user experience desain awal diketahui bahwa terdapat delapan item berkategori buruk dan hanya terdapat satu item yang berkategori sangat baik, namun pada evaluasi user experience desain solusi terdapat sepuluh item berkategori sangat baik dan dua item berkategori baik.