Analisa Personal Branding Kandidat Elektoral Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 (Metode Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Unggahan Tema Nasionalis-Religius Pada Akun Instagram Kandidat Pilgub Jawa Timur Tahun 2018)

Main Author: Senoaji, Damar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/179850/
Daftar Isi:
  • Preferensi identitas merupakan hal yang sangat memengaruhi pilihan politik di Jawa Timur. Kombinasi religius dan nasionalis disebut-sebut menjadi tandem yang ideal untuk memenangkan kontestasi elektoral. Pada tahun 2018, pemilihan kepala daerah provinsi Jawa Timur diikuti oleh dua pasangan calon dengan segmentasi yang hampir serupa. Peneliti tertarik untuk mengidentifikasi personal branding yang dilakukan oleh kandidat Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Sumber data dari penelitian ini adalah unggahan akun instagram kandidat elektoral Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur tahun 2018. Berdasarkan analisa data yang ditemukan, kandidat elektoral Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur tahun sangat mengedepankan preferensi identitas, terutama yang merepresentasikan kelompok religius dan nasionalis. Meskipun mempunyai substansi serupa, namun kandiat elektoral Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018 menampilkan preferensi identitas sebagai bagian dari personal branding mereka dengan cara tersendiri supaya terlihat berbeda dan lebih baik dari kandidat lain di tengah-tengah segmentasi yang ketat dan serupa.