Analisis Hybrid Cluster Segmentasi Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Laut (Studi pada PT PELINDO I)

Main Author: Sektiananda, Alfan Alief
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/176933/1/Alfan%20Alief%20Sektiananda.pdf
http://repository.ub.ac.id/176933/
Daftar Isi:
  • Analisis cluster hybrid merupakan kombinasi antara analisis cluster hierarki dan non hierarki. Analisis cluster hybrid ini muncul untuk mengoptimalkan kelebihan-kelebihan dari metode hierarki dan non hierarki secara bersamaan agar didapatkan pengelompokan yang optimal. Analisis cluster hybrid sendiri memiliki fleksibilitas yang tinggi karena bisa mengkombinasikan semua metode hierarki maupun non hierarki tanpa ada limit dalam urutan analisis yang dipakai. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan analisis cluster hybrid dalam mengelompokkan pelanggan PT Pelindo I berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan penumpang PT Pelindo I. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat bantu untuk mengumpulkan data. Banyak responden yang terlibat ditentukan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental yaitu sebanyak 117 pelanggan PT Pelindo I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 72% pelanggan PT Pelindo I merasa pelayanan PT Pelindo I istimewa, sementara 28% sisanya merasa pelayanan PT Pelindo I baik.