Representasi Rasisme pada Film Bienvenue A Marly-Gomont Karya Sutradara Rambaldi 2016: Sebuah Kajian Semiotika C.S.Peirce

Main Author: RAhmah, Meutia Mardhiyya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175514/
Daftar Isi:
  • Film Bienvenue a Marly Gomont menunjukkan perwujud.an rasisme yang dialami oleh tokoh-tokoh kulit hitam di sebuah pedusunan kulit putih. Sesuai dengan teori rasisme model baru, bentuk-bentuk representasi rasisme dalam film tersebut dapat diidentifikasi. Dengan melakukan penelitian metode kualitatif, tiap adegan dibedah dengan teori semiotika dengan tanda dialog serta tanda visual yang membentuk penvujudan rasisme yang berbeda-beda. Teori seiniotika C. S Peirce model triadik digunakan untuk. membaca tiap tanda. Teori rasisme E.L. Taylor digunakan untuk mengidentifikasi jenis rasisme. Bentuk rasisme simbolis digambarkan dengan kulit putih yang berusaha menghindari interaksi natural berbentuk apapun dengan seorang kulit hitam. Bentuk rasisme aversif pada film digambarkan dengan tokoh-tokoh kulit putih yang dengan sengaja mengasingkan orang kulit hitam secara superior dan merendahkan kernampuan atau nilai mereka. Sedangkan bentuk. rasisme ambivalen digambarkan dengan tokoh-tokoh kulit putih yang mereduksi peluang kulit hitam dalam berkarir sekaligus pengakuan mereka terhadap keprofesionalitasannya demi urusan politik. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya dilakukan penelitian resepsi audiens dari film Bienvenue a Math, Gomont yang berdasarkan kisah nyata.