Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Penyelenggaraan Pesta Bunga Dan Buah Di Kota Berastag
Main Author: | Tarigan, Devi Yolanda Ertina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173053/1/DEVI%20YOLANDA%20ERTINA%20TARIGAN%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/173053/ |
Daftar Isi:
- Pesta Bunga dan Buah merupakan suatu pesta kebudayaan yang dilakukan untuk menggali dan melestarikan Budaya Karo. Pesta Bunga dan Buah terbentuk tahun 1988 pada masa pemerintahan Tampak Sebayang. Pesta Bunga dan Buah mengalami perkembangan pada tahun 80-an, namun pada akhir era 90-an terhenti. Pada awal tahun 2000 pemerintah Tanah Karo berusaha mendongkrak pesta budaya sehingga pada tahun 2002 pesta budaya ini mulai diadakan kembali. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan Pesta Bunga dan Buah yang dilaksanakan di Kabupaten Karo; Mengidentifikasi komponenkomponen dalam strategi komunikasi; Mengidentifikasi peran Pesta Bunga dan Buah terhadap pertanian dan budaya Tanah Karo; Mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penyelenggaraan Pesta Bunga dan Buah; Menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanah Karo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian antara lain: (1) Pesta Bunga dan Buah merupakan kegiatan pesta rakyat yang dibentuk pada awal tahun 1988 oleh Tampak Sebayang; (2) Terdapat beberapa komponen strategi komunikasi dalam penyelenggaraan Pesta Bunga dan Buah; (3) Pesta Bunga dan Buah berperan bagi penjualan, dan juga berperan bagi pelestarian budaya di Tanah Karo; (4) Terdapat beberapa faktor pendukung serta penghambat yang dialami oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata selama proses penyelenggaraan Pesta Bunga dan Buah; (5) Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengaktifkan kembali event Pesta Budaya Mejuah-juah dan Pesta Bunga Buah. Bentuk kegiatan promosi kegiatan pesta bunga dan buah dilakukan menggunakan beberapa media. Adapun beberapa media yang digunakan dalam penyebaran informasi pesta bunga dan buah yaitu radio, baliho, spanduk, dan media sosial. Terdapat beberapa saran yang disarakankan oleh peneliti yaitu: perlu adanya koordinasi dan kerjasama antar dinas terkait; penyampaian informasi/promosi dan penyuluhan terhadap masyarakat dapat ditingkatkan; perhatian serta dukungan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan Pesta Bunga dan Buah dapat ditingkatkan khususnya dalam mencari peluang pemasaran produk-produk unggulan Tanah Karo