Implementasi Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan (Jebol Anduk) (Studi Pada Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)

Main Author: Setyawan, Herry Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172605/
Daftar Isi:
  • Permasalahan administrasi kependudukan merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh kota atau kabupaten yang memiliki wilayah luas, tak terkecuali di Kabupaten Malang. Luasnya wilayah Kabupaten Malang membuat pemerintah harus mencari solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan (JEBOL ANDUK) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang menjadi pilihan pemerintah dalam mengatasi permasalahan kependudukan di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriftif. Fokus penelitian yang pertama adalah implementasi yang dibagi menjadi 4 (empat) sub bagian yakni: 1) Komunikasi, 2) Sumber Daya, 3) Disposisi dan 4) Struktur Birokrasi. Kedua, mengenai faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi program. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program Jemput Bola Administrasi Kependudukan di Kabupaten Malang telah berjalan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dan mampu menarik minat masyarakat untuk berperan aktif dalam program tersebut yang terbukti dengan 45.087 buah dokumen kependudukan yang tercetak di tahun pertama program tersebut diluncurkan. Komitmen dari para petugas yang kuat dan adanya dukungan dari setiap stakeholder yang terlibat serta didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai menjadi faktor pendukung dalam program Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan di Kabupaten Malang. Sedangkan terbatasnya jumlah pegawai yang ada dan koneksi internet yang kurang baik menjadi penghambat dalam pelaksanaan program ini. Saran yang dapat peneliti ajukan adalah terkait perlunya penambahan jumlah pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang agar massyarakat mendapatkan pelayanan dengan maksimal. Kemudian juga perlunya diadakan perbaikan fasilitas internet di Kabupaten Malang supaya proses pelaksanaan program Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan dapat berjalan secara maksimal.