Metode Choice-Based Conjoint Pada Preferensi Mahasiswa Universitas Brawijaya Dalam Memilih Body Lotion

Main Author: Fikraneesa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168876/
Daftar Isi:
  • Produk perawatan kulit khususnya body lotion kini sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi. Penggunaan body lotion merupakan suatu cara yang dilakukan oleh kaum wanita dalam menjaga kesehatan kulit yang dimiliki. Konsumen pengguna body lotion yang semakin meningkat mengakibatkan persaingan yang semakin ketat antar merek body lotion dalam mengambil hati konsumen. Ketatnya persaingan antar body lotion di negeri ini, membuat banyak produsen memberikan penawaran yang menarik. Persaingan ini dilihat dari strategi pemasaran yang digunakan oleh setiap perusahaan yaitu bentuk kemasan, desain kemasan, manfaat produk, harga, dan promosi. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui preferensi mahasiwa dalam memilih body lotion dengan menerapkan metode choice based conjoint untuk mengetahui atribut dan level yang paling diminati mahasiswa Universitas Brawijaya dalam memilih body lotion. Survei dilakukan di program sarjana Ekonomi Islam dengan teknik pengambilan sampel berupa probability sampling, yaitu multistage random sampling dengan jumlah sampel sebesar 90 responden. Atribut yang digunakan sebanyak 5 atribut, yaitu bentuk kemasan, desain kemasan, manfaat, harga, dan promosi. Hasil analisis dengan metode choice based conjoint didapatkan Nilai D-Efisiensi yang kecil yaitu sebesar 4% mengakibatkan rancangan angket tidak seimbang dan orthogonal. Nilai D-Efisiensi yang kecil juga berdampak pada nilai R-square untuk masing-masing angket yang kecil, yaitu angket 1 sebesar 21%, angket 2 sebesar 20%, angket 3 sebesar 7%, dan angket gabungan 12%. Atribut dengan preferensi terbesar dari seluruh responden berdasarkan model yang terbentuk dalam memilih body lotion yaitu manfaat, harga, bentuk kemasan, media promosi, dan desain kemasan.Kombinasi level-level dari setiap atribut dengan urutan preferensi yaitu bentuk kemasan body lotion berbentuk jar, desain kemasan dengan kategori ilustrasi, atribut manfaat dengan kategori melembabkan, kategori harga kurang dari Rp100.000, dan media promosi yang digunakan yaitu facebook.