Analisis Sistem Antrian Untuk Menentukan Tingkat Pelayanan Yang Optimal Pada Kasir Rumah Makan Kober Mie Setan Dengan Model Simulasi

Main Author: Dori, Merinda Denok Nikita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167032/
Daftar Isi:
  • Pada perkembangan industri saat ini, bisnis kuliner merupakan salah satu industri yang tetap bertumbuh. Hal tersebut dapat dilihat dengan semakin banyaknya bisnis kuliner yang terus berkembang di berbagai daerah khususnya di kota Lamongan. Tren makanan yang sedang disukai masyarakat saat ini adalah tren makanan pedas yang memiliki berbagai variasi menu dan juga memiliki kelezatan yang berbeda-beda yang dapat menarik daya beli konsumen untuk terus dapat menikmatinya. Antusias warga Lamongan terhadap menu makanan yang disajikan di Kober Mie Setan sangat tinggi membuat tidak pernah sepi oleh pengunjung, sehingga mengakibatkan antrian yang panjang pada fasilitas pelayanan khususnya antrian pada hari libur. Panjangnya antrian pada fasilitas pelayanan secara terus menerus dapat menimbulkan kejenuhan pada pelanggan. Lamanya waktu menunggu karena minimnya fasilitas pelayanan kasir akan mengakibatkan kejenuhan pada pelanggan sehingga dapat menimbulkan kehilangan pelanggan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan terbaik dan cepat. Tambahan fasilitas pelayanan kasir dapat diberikan sebagai solusi untuk mengurangi antrian atau menghindari antrian yang semakin panjang. Analisis sistem antrian dapat dilakukan dengan menggunakan metode simulasi menggunakan software ARENA versi 14.0. Metode simulasi dapat digunakan untuk memformulasikan dan memecahkan model-model dari golongan yang luas untuk membuat tiruan dari sistem nyata kedalam sistem buatan tanpa harus mengalami keadaan yang sesungguhnya, memberikan hasil terperinci dalam periode waktu tertentu dan lebih realistis terhadap sistem nyata. Data yang digunakan untuk menganalisis sistem antrian ini adalah data primer, yaitu berupa data waktu kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan vi kasir, untuk pengukuran waktu dilakukan menggunakan stopwatch. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelanggan yang datang ke rumah makan Kober Mie Setan ini memiliki waktu antar kedatangan yaitu dari 1.12-1.48 menit. Kemudian rata-rata lama waktu yang dihabiskan pelanggan untuk mengantri berkisar antara 13.25 menit sampai 19.29 menit, rata-rata lama waktu kasir dalam melayani pelanggan menghabiskan waktu antara 1.19 menit sampai 1.55 menit. Berdasarkan dari hasil 3 skenario yang telah dirancang dan dijalankan dengan bantuan process analyzer pada software ARENA 14.0, maka dipilih skenario 2. Pada skenario 2 mengasumsikan bahwa terdapat penambahan 1 fasilitas pelayanan kasir. Maka model antrian yang cocok untuk rumah makan Kober Mie Setan Lamongan adalah (M/M/2);(FCFS/∞/∞) dengan sistem antrian Multichannel-Single Phase dimana terdapat dua jalur antrian dengan dua fasilitas pelayanan kasir.