Perbedaan Loneliness Gamers Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) Pada Remaja Dan Dewasa Awal
Main Author: | Dwihashfita, Luthfisal Jajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166896/1/Luthfisal%20Jajar%20D.pdf http://repository.ub.ac.id/166896/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan loneliness gamers MMORPG pada remaja dan dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif dengan dua variabel yang meliputi: variabel (X) yang merupakan gamer remaja dan dewasa awal, dan variabel (Y) yang merupakan loneliness. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel para pemain game online yang ada warung internet (warnet) di Kota Malang yang diambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik nonprobability sampling dimana teknik pengambilan sampel yang ditemukan atau ditentukan sendiri oleh peneliti atau menurut pertimbangan pakar. Dalam penelitian ini, jenis nonprobability yang digunakan adalah convenience sampling, di mana teknik ini dalam memilih sampel, peneliti tidak mempunyai pertimbangan lain kecuali berdasarkan kemudahan saja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan satu skala yaitu UCLA Loneliness Scale, dimana skala ini merupakan skala yang paling luas digunakan dalam mengukur kesepian atau loneliness. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara loneliness pada remaja dan dewasa awal, ini terlihat dari penghitungan hasil uji yang menyatakan signifikan.