Pengaruh Hedonic Consumption Terhadap Shopping Lifestyle dan Dampaknya Pada Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pengguna Sneakers Adidas)
Main Author: | Tsaqif A, M. Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165722/1/M.%20NUR%20TSAQIF%20A.pdf http://repository.ub.ac.id/165722/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh hedonic consumption terhadap shopping lifestyle, (2) pengaruh hedonic consumption terhadap kepuasan pelanggan, dan (3) pengaruh shopping lifestyle terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Objek pada penelitian ini adalah pengguna sneakers Adidas di komunitas Indonesia sneaker team. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus machin and cmapbell dan mendapatkan sampel sebanyak 116 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuisioner penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) variabel hedonic consumption berpengaruh signifikan terhadap variabel shopping lifestyle dengan koefesien jalur beta (β) sebesar 0,669, (2) varibel hedonic consumption berpengaruh signifikan terhadap variabel -kepuasan pelanggan dengan koefesien jalur beta (β) sebesar 0,388, (3) variabel shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan dengan koefesien jalur beta (β) sebesar 0,402. Hasil yang diperoleh menghasilkan kesimpulan bahwa pengguna sneakers adidas mempunyai pengaruh hedonic consumption yang positif terhadap shopping lifestyle dan kepuasan pelanggan.