Kualitas Pelayanan Pensiunan Pada Peserta Pensiun di PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun
Main Author: | Syafrida, Veronica |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162475/1/Veronica%20Syafrida.pdf http://repository.ub.ac.id/162475/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan merupakan suatu tindakan dan cara melayani orang lain untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginannya. PT. TASPEN (Persero) Cabang Madiun sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diberi mandat oleh pemerintah dalam mengelola dan menyelenggarakan program pensiun dalam rangka menjamin dan meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Peserta pensiun adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah memasuki masa pensiun atau meninggal pada masa aktifnya, dan hak pensiunnya diberikan kepada janda/duda/anaknya sebelum berumur 25 tahun. Tujuan program pensiun untuk memberikan jaminan hari tua kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada saat mencapai usia pensiun dan sebagai penghargaan atas jasa-jasanya selama bekerja pada negara. PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun diberikan wewenang untuk menyelenggarakan pembayaran pensiun di wilayah Madiun. Produk-produk pelayanannya sebagian besar merupakan produk asuransi diantaranya Tabungan Hari Tua (THT) dan dana pensiun. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Madiun, sedangkan situsnya berada di Kantor PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumendokumen yang berhubungan dengan tema tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Untuk menciptakan kualitas dan menumbuhkan kepercayaan secara terusmenerus dari peserta pensiun akan suatu pelayanan tidaklah mudah. PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun sebagai salah satu lembaga kepercayaan masyarakat untuk pelayanan untuk memberikan kepuasan bagi para pensiunan. Perhatian tidak hanya terbatas pada produk jasa yang dihasilkan saja, tetapi juga pada aspek proses, Sumber Daya Manusia (SDM), serta lingkungannya. Aspek-aspek tersebut sangat penting diperhatikan karena semua itu temasuk sebuah pelayanan untuk menunjang kepuasan. Menjaga kelancaran pendistribusian dana pensiun kepada peserta pensiun serta selalu mengedepankan pelayanan yang optimal. Untuk itu PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun selalu berusaha memberikan pelayanan yang berkualitas.