Pengembangan Sistem Informasi Sales Force Automation dan Service Automation Pemesanan dan Penjualan Menggunakan Metode Rational Unified Process (Studi Pada Kantin Filkom Universitas Brawijaya)
Main Author: | Prameireza, Helmy Danu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161991/1/Helmy%20Danu%20Prameireza.pdf http://repository.ub.ac.id/161991/ |
Daftar Isi:
- Saat ini di banyak instansi telah menerapkan sistem informasi bahkan usahausaha kecil seperti kantin telah mulai menerapkan sistem informasi didalamnya. Kantin Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) sendiri saat ini telah memiliki teknologi untuk menerapkan sistem informasi, namun hanya sistem informasi pada kasir kantin. Pada sistem informasi yang telah diterapkan saat ini terdapat beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi kepuasan pembeli yaitu, alur proses bisnis pemesanan memakan waktu yang cukup lama dan penjual yang kebingungan dalam mengantar pesanan. Maka dari itu diperlukannya suatu pengembangan sistem yang dapat membantu menangani masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan modul pada operasional Customer Relationship Management (CRM) Sales force automation (SFA) dan Service Automation (SA). Metode pengembangan yang digunakan adalah Rational Unified Process (RUP) yang merupakan kerangka kerja dalam pengambangan sistem informasi yang menggunakan teknik iteratif dan inkremental. Metode RUP terdapat beberapa fase dalam melakukan pengembangan sistem, fase pertama yang dilakukan adalah fase insepsi, lalu dilanjutkan dengan fase elaborasi, fase konstruksi dan diakhiri dengan fase transisi. Implementasi sistem ini berbasis perangkat bergerak dengan platform android. Hasil pengujian black-box dengan 47 test-case dinyatakan berhasil, pengujian compatibility dengan 12 perangkat yang berbeda menggunakan Test Lab dan dari pengujian tersebut dinyatakan berhasil dijalankan semua serta pada user accepted testing yang melibatkan 30 responden pembeli dengan total 240 jawaban dan 1 responden pihak kantin dengan total 7 jawaban, hasilnya menunjukkan bahwa tingkat penerimaan dari pembeli adalah 85,92% dan 82,86% pada sisi kantin Filkom. Pada Pengujian Waktu dengan perbandingan proses bisnis as-is dengan proses bisnis to-be, dapat disimpulkan bahwa pada proses bisnis to-be lebih cepat 4 menit 30 detik dari proses bisnis as-is. Dari hasil pengujian tersebut dengan menerapkan sistem informasi ini dapat mempermudah dan mempercepat alur pemesanan dan penjualan pada Kantin Filkom.