Kajian Penerapan Transportation Demand Omotenashi (TDO) di Kawasan Tugu Kota Malang
Main Author: | Kurniati, Sebti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/143036/1/BAB_V.pdf http://repository.ub.ac.id/143036/2/COVER.pdf http://repository.ub.ac.id/143036/2/RINGKASAN.pdf http://repository.ub.ac.id/143036/3/BAB_III.pdf http://repository.ub.ac.id/143036/4/BAB_IV.pdf http://repository.ub.ac.id/143036/5/BAB_I_.pdf http://repository.ub.ac.id/143036/6/DAFTAR_ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/143036/7/BAB_II.pdf http://repository.ub.ac.id/143036/ |
Daftar Isi:
- Kawasan Tugu Kota Malang memiliki karakteristik yang unik dan mampu menarik pergerakan yang besar. Kepadatan lalu lintas di kawasan tersebut cukup tinggi pada jam puncak, sehingga mengurangi tingkat keramahan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemungkinan penerapan Transportation Demand Omotenashi (TDO) di wilayah studi. Transportation Demand Omotenashi (TDO) adalah suatu konsep penerapan Transportation Demad Management (TDM) dengan menonjolkan keunikan kawasan, berdasarkan tiga variabel yaitu keramahan, kehangatan dan kekeluargaan. Penelitian ini mengidentifikasi aspek keramahan dalam konsep omotenashi di Kawasan Tugu serta memberikan arahan pengembangan. Aspek keramahan diidentifikasi berdasarkan geometrik, kinerja jalan dan pedestrian way serta kepuasan penumpang terhadap pelayanan angkutan umum. Penelitian ini menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menganalisis kepuasan penumpang angkutan umum dan Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk pembobotan parameter. Hasil penelitian menunjukkan aspek keramahan Kawasan Tugu bernilai 2,35 berdasarkan interval 0 sampai 3 atau dalam kategori ramah. Strategi pengembangan untuk meningkatkan keramahan antara lain dengan perbaikan pelayanan angkutan umum, pembatasan kendaraan pribadi, manajemen parkir, penyediaan fasilitas pendukung, monitoring dan evaluasi.