Perbandingan Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK TPI Nurul Huda Kota Malang

Main Author: Laila, PipitKurniatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/126395/
Daftar Isi:
  • Masa usia prasekolah yang berada pada rentan usia 5-6 tahun merupakan masa yang penting dan anak mulai sensitive untuk menerima berbagai upaya perkembangan berbagai potensi. Permainan sosial yang biasa digunakan adalah ular tangga dan game edukatif pada gadget, oleh karena itu penelitian akan melakukan perbandingan antara kedua permainan terhadap perkembangan kognitif. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi perbedaan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun yang diberikan permainan ular tangga dan game edukatif pada gadget. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental dengan pendekan Pretest-Postest Design with Comparison Group. Sample yang dipilih purpossive sampling dengan jumlah sample 22 orang. Pada studi ini, ditemukan hasil nilai dari uji Wilcoxon signed-rank untuk permainan ular tangga dan game edukatif pada gadget (0.002 < 0.05 & 0.004 < 0.05), artinya terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian permainan ular tangga dan game edukasi dalam gadget terhadap kognitif. Sedangkan pada uji Mann-whitney menunjukan p-value 0.034, karena p-value < 0,05 hasil hipotesa diterima. Dapat terlihat dari penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan atau hipotesa dapat diterima yakni kegiatan permainan ular tangga lebih baik dalam mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK TPI Nurul Huda Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif anak sejak usia dini bisa dilakukan dengan metode bermain seperti ular tangga dan game edukatif pada gadget.