Daftar Isi:
  • Kecerdasan logika matematika merupakan kecerdasan yang mencakup tentang kemampuan yang berhubungan dengan angka. Anak usia prasekolah akan mengalami perkembangan yang sangat pesat salah satunya adalah perkembangan kecerdasan logika matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan congklak dan game edukasi pada smartphone terhadap tingkat kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat Nu 31. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design, dengan metode pendekatan pretest-post test design with comparison group. Teknik Total Sampling dengan jumlah sampel 25 siswa. Hasil uji statistic Wilcoxon Signed Ranks kelompok permainan congklak di dapatkan p-value 0,001 sedangkan pada game edukasi pada smartphone 0,007 sehingga terdapat pengaruh sebelum dan sesudah pemberian kedua metode permainan terhadap kecerdasan logika matematika anak. Pada uji statistic mann-whitney diperoleh p-value pretest 0,891 dan post test sebesar 0,392, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua metode permainan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu permainan congklak lebih memiliki pengaruh terhadap tingkat kecerdasan logika matematika karena anak akan secara langsung menghitung dengan biji biji congklak sehingga bisa mengenal konsep dasar matematika. Saran dari hasil penelitian ini adalah diharapkan perawat dan pendidik memberikan stimulus berupa permainan yang edukatif seperti congklak dan game edukasi pada smartphone untuk meningkatkan perkembangan anak