Persepsi Remaja Terhadap Desain Kemasan Rokok Merek Marlboro (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Remaja Di Kota Malang)
Main Author: | Nadia, Amelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122933/1/JURNAL_Amelia_Nadia.pdf http://repository.ub.ac.id/122933/2/SKRIPSI_AMELIA_NADIA.pdf http://repository.ub.ac.id/122933/ |
Daftar Isi:
- Konsumsi rokok di Indonesia menjadikan permasalahan bagi Indonesia yang membawa Indonesia berada pada urutan ke-empat konsumsi rokok terbanyak di dunia. Usia muda perokok terbanyak di Indonesia dipegang oleh remaja yang berada pada kelompok usia 15-19 tahun. Remaja di Indonesia mengetahui dan mengenal rokok melalui media massa dan media promosi salah satunya melalui desain sebuah kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan persepsi remaja usia 15-19 tahun, tentang desain kemasan rokok merek Marlboro. Penelitian ini dilakukan di kota Malang yang merupakan kota ke-dua kosumsi rokok terbesar di Jawa Timur sebanyak <60 batang/minggu.Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma kontruktivis. Teknik pengumpulan data pada penelitian dengan menggunakan wawancara mendalam dengan 14 remaja yang berusia 15-19 tahun, obeservasi dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa remaja perokok aktif secara keseluruhan mempersepsikan bahwa warna yang ada pada kemasan rokok dimaknai sebagai penandaan sebuah rasa dan sebagai value manfaat simbolis, perokok pasif mempersepsikan sebagai keindahan sebuah desain. Typography memberikan makna rokok Marlboro merupakan merek rokok yang berasal dari luar negeri.Memiliki bentuk yangsederhana dengan material fisik yang bagus untuk melindungi produk.Remaja mempersepsi peringatan kesehatan yang diaplikasikan pada desain kemasan rokok telah memberikan pengetahuan bagi remaja mengenai dampak gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh rokok, namun bagi remaja laki-laki cenderung diabaikan.Perbedaan persepsi terjadi pada remaja perokok aktif dan pasif pada persepsi logo merek dan perusahaan, remaja perokok aktif lebih mengenali rokok merek Marlboro sebagai ciri khas dari rokok dan perusahaan Marlboro, sedangkan remaja perokok pasif tidak mengetahui mendetail tentang hal tersebut.