Pemaknaan Anggota Komunitas Terhadap Brand (Studi Kualitatif Anggota Komunitas Skateboard Kota Malang Terhadap Brand Sepatu Vans)
Main Author: | AmeliaRahma, Faradina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122745/1/BAB_1-5_FARADINA.pdf http://repository.ub.ac.id/122745/2/JURNAL_SKRIPSI_FARADINA.pdf http://repository.ub.ac.id/122745/ |
Daftar Isi:
- Salah satu Brand yang menjadi favorit Anggota komunitas skateboard kota Malang yaitu brand sepatu Vans. Konsumsi anggota komunitas terhadap brand ini tidak lepas dari pemaknaan yang dipahami oleh setiap individu terhadap brand tersebut. Maka dari itu Penelitian ini berangkat dari konsep pemaknaan pada teori interaksionisme simbolik yang mengatakan bahwa pemaknaan dapat terbentuk melalui interaksi antar anggota dalam suatu komunitas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan anggota komunitas skateboard terhadap brand sepatu Vans kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara yang didukung oleh data hasil observasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan untuk menentukan subyek penelitian yaitu snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota komunitas skateboard kota Malang memaknai brand sepatu Vans sebagai brand yang dapat menunjukan identitas dirinya sebagai skateboarder (simbolis) dan brand yang memiliki kualitas yang baik (utilitarian) sehingga mendukung mereka dalam bermain skateboard. Akibat pemaknaan ini memunculkan tindakan terhadap pemaknaan yaitu berupa konsumsi brand sepatu Vans ori dan KW (Tidak asli). Pemaknaan ini didapatkan melalui proses interaksi dalam komunitas serta pengaruh media dan kelompok reference dalam membentuk pemaknaan personal.